KuliTinta News

My WordPress Blog

Saran Perbaikan Bawaslu Tak Ditindaklanjuti, Mutia: Plenonya Sudah Diketok, Bukan Tidak Kita Tanggapi

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan tidak menindaklanjuti beberapa saran perbaikan yang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan.

Beberapa diantaranya seperti saran perbaikan dari caleg Gerindra, Netty Yuniarti Siregar dan caleg PDIP dr Rumiris Siagian dari daerah pemilihan (dapil) 3 Kota Medan.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Medan, Mutia Atiqah saat diwawancarai mengatakan, beberapa saran perbaikan yang dilayangkan Bawaslu tidak dapat dilaksanakan karena sudah selesai rapat pleno terkait kecamatan yang dimaksud.

“Karena rapat pleno sudah diketuk. Bahkan Bawaslu juga hadir dalam setiap rapat pleno di panel-panel kecamatan yang dimaksud itu. Sehingga pertimbangan kami saran perbaikan tersebut tidak dapat ditindaklanjuti,” ucapnya, Rabu (13/03/2024).

Mutia menjelaskan, saran perbaikan yang dilaksanakan di dapil 3 Kota Medan hanya Kecamatan Medan Tembung saja. Hal itu lantaran saran perbaikan ke KPU Medan masuk di saat rapat pleno rekapitulasi suara Kecamatan Medan Tembung masih berlangsung.

“Saran perbaikan dari Bawaslu yang masuk ke kita itu untuk Kecamatan Medan Perjuangan, Timur, Area, Tuntungan, Polonia, Selayang dan Tembung. Namun yang lain sudah diketuk, sehingga cuma Kecamatan Medan Tembung yang kita laksanakan,” jelasnya.

Dengan kondisi saat ini, Mutia menyebut bahwa para peserta Pemilu bisa melakukan langkah hukum lainnya, baik itu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya kalau mencermati rapat pleno Provinsi Sumut terkait KPU Kota Medan hari ini, mungkin bisa berproses hukum lainnya dari parpol nya,” pungkasnya.(Robert)

BERITA LAINNYA :  Rekapitulasi Banyak Yang Molor, Ketua KPU Medan Janji Bakal Evaluasi PPK Bermasalah