KuliTinta News

My WordPress Blog

Pj Gubsu Fatoni Pastikan Pemprov Sumut Telah Realisasikan Seluruh Dana Hibah Pilkada

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara telah merealisasikan 100 persen dana hibah untuk keberlangsungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Hal itu dikatakan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Agus Fatoni saat menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelengaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera di Regale Internasional Convention Center, Selasa (09/07/2024).

“Pemprov Sumut telah mengalokasikan dana hibah tersebut. Dana tersebut, antara lain kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp705 miliar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebesar Rp223 miliar, Polri Rp49 miliar dan TNI sebesar Rp22 miliar,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, Fatoni mengatakan Pemprov Sumut telah berkomitmen untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut nantinya.

“Maka dari itu, pastinya kami (Pemprovsu) siap mendukung pelaksanaan Pilkada untuk sama-sama menyukseskan pemilihan pemimpin bangsa kita,” ujar Mantan Pj Gubernur Sumatera Selatan tersebut.

Fatoni menyebut, saat ini hampir seluruh pemerintah daerah di Sumut telah merealisasikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“Iya, untuk kabupaten/kota di Sumut secara keseluruhan rata-rata sudah merealisasikan NPHD,” pungkasnya.

Dalam acara yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM, Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian diketahui Provinsi Sumut merupakan wilayah dengan jumlah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tertinggi di Sumatera yakni 11 juta jiwa.(Robert)

BERITA LAINNYA :  DPRD Medan Minta KPU Pastikan Data Pemilih Pilkada Serentak 2024 Akurat