KuliTinta News

My WordPress Blog

Pastikan Kelancaran Transportasi Selama PON 2024, Dishub Sumut Siapkan 967 Kendaraan dan Tertibkan Trotoar

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Untuk memastikan kelancaran transportasi selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh 2024, Dinas Perhubungan Sumatera Utara (Dishub Sumut) telah menyiapkan armada yang terdiri dari berbagai jenis kendaraan.

Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan, yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Transportasi PB PON 2024, mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan total 967 unit kendaraan berbagai jenis, ditambah dengan 239 unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan RI, untuk mendukung perhelatan olahraga akbar ini.

“Kami telah menyiapkan 967 unit kendaraan yang akan digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari tamu VVIP, atlet, hingga official. Ini adalah langkah penting untuk memastikan semua transportasi berjalan lancar selama PON berlangsung,” ujar Agustinus di Medan, Rabu (26/06/2024).

Agustinus menjelaskan, kendaraan yang disiapkan dibagi dalam beberapa kategori: T1 dan T2 untuk tamu VIP, T3 dan T4 untuk atlet dan official, serta T5 yang merupakan jenis bus. Pembagian ini dilakukan untuk memastikan semua peserta dan tamu mendapatkan akses transportasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain menyiapkan armada transportasi, Dishub Sumut juga fokus pada penertiban penyalahgunaan trotoar yang dapat mengganggu lalu lintas selama PON.

“Kami sedang melakukan penertiban terhadap penggunaan trotoar dan bahu jalan yang tidak sesuai ketentuan. Ini termasuk pedagang kaki lima yang menggunakan trotoar untuk aktivitas jualan, yang sejatinya diperuntukkan bagi pejalan kaki,” kata Agustinus.

Untuk memastikan kelancaran lalu lintas, Dishub Sumut berkoordinasi erat dengan PB PON XXI Sumut-Aceh 2024 dan Polda Sumut.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar selama PON 2024, sesuai dengan arahan dari Wakapolda Sumut,” tambahnya.

Penertiban ini akan dilakukan sepanjang jalan perlintasan yang akan dilalui peserta PON hingga ke venue penyelenggaraan.

BERITA LAINNYA :  Perebutan Tiket Olimpiade Paris, Kadis Kominfo Sumut Ajak Masyarakat Nobar Timnas Kembali

“Kami juga telah melakukan penyegelan terhadap loket-loket yang tidak sesuai dengan peraturan. Intinya, kami ingin menciptakan lalu lintas yang aman dan tertib,” tutur Agustinus.

Agustinus mengingatkan, intensitas kendaraan akan meningkat signifikan selama PON, yang berpotensi menyebabkan kemacetan.

“Selama PON nanti, kendaraan akan meningkat hingga puluhan ribu. Ini adalah tugas kami untuk menciptakan suasana lalu lintas yang nyaman,” pungkasnya.

Dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik, diharapkan penyelenggaraan PON XXI 2024 di Sumut akan berjalan lancar dan sukses, sehingga bisa memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh peserta dan tamu yang hadir.(Red*)