KuliTinta News

My WordPress Blog

Dishub Sumut Siapkan Aplikasi Transponsumut dan Fleet Management System untuk PON XXI Sumut-Aceh 2024

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Dalam persiapan menyambut PON XXI Sumut-Aceh 2024, khususnya pelayanan transportasi Atlet atau Official, Dinas Perhubungan Sumatera Utara (Dishub Sumut) sedang menyiapkan dua inovasi digital, yaitu aplikasi TRANSPONSUMUT dan Fleet Management System.

Transponsumut dirancang untuk memfasilitasi pemesanan (ordering) kendaraan bagi atlet dan official di luar jadwal yang telah ditentukan. Aplikasi ini memungkinkan pemesanan kendaraan dilakukan tiga jam sebelum penggunaan, memberikan fleksibilitas bagi atlet dan official dalam menghadapi perubahan jadwal pertandingan atau kebutuhan tambahan kendaraan.

Namun akses pemesanan hanya diberikan bagi koordinator masing Cabor, Ketua Kontingen termasuk LO Bus, dengan terlebih dahulu Login ke aplikasi tersebut. Setelah pesanan masuk, PIC dari Bidang Transportasi akan menentukan unit kendaraan yang akan melayani. Jadi akan ada akun untuk user dan driver.

“Dengan aplikasi ini, atlet dan official tetap bisa mendapatkan pelayanan meskipun terjadi perubahan jadwal atau masalah teknis kendaraan, dengan mempertimbangkan ketersediaan unit kendaraan yang ada, harapannya kita dapat lebih memaksimalkan penggunaan unit kendaraan yang yang tersedia di Pool,” kata Kadishub Sumut, Agustinus Panjaitan kepada wartawan di Medan, Kamis (27/06/2024).

Selain itu, Dishub Sumut juga mengembangkan Sistem Fleet Manajemen untuk memonitor dan mengendalikan operasional kendaraan di masing-masing pool, khususnya untuk kendaraan yang dioperasikan secara shuttle. Sistem ini dilengkapi dengan GPS di setiap unit kendaraan dan alat yang memungkinkan perintah diberikan kepada pengemudi melalui operator command centre di kantor Dishub Sumut.

“Dengan teknologi ini, penggunaan kendaraan dapat diawasi secara real-time, dan kita bisa memastikan efisiensi dan ketepatan dalam distribusi kendaraan,” tambah Agustinus.

Kedua inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan transportasi selama PON XXI, memberikan kenyamanan dan kepastian bagi para atlet dan official dalam mobilitas mereka selama ajang olahraga tersebut.(Red*)

BERITA LAINNYA :  Hadirkan Aneka Khas Masakan Batak, RM Tao Silalahi Buka di Mitra Raya 2