KuliTinta News

My WordPress Blog

Usai Disentil Mendagri, Pemko Medan Langsung Cairkan NPHD ke KPU Medan

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Tak lama usai disentil Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Pemko Medan langsung mendistribusikan sisa naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan.

Saat ini, total anggaran yang disetujui Pemko Medan untuk Pilkada Serentak 2024 tingkat Kota Medan pun sudah tersalurkan sepenuhnya sebesar Rp82.164.913.948 miliar lebih.

Ketua KPU Medan, Mutia Atiqah menyebut bahwa pengiriman sisa NPHD tersebut dilakukan Pemko Medan pada tanggal 9 Juli 2024 kemarin.

“Jadi, tak lama setelah Pak Menteri mengeluarkan statement terkait NPHD, Pemko Medan langsung mengirimkannya ke rekening KPU Medan,” ucap Mutia saat diwawancarai, Kamis (11/07/2024).

Dijelaskan Mutia, adapun termin pertama Pemko Medan mengirimkan uang ke rekening KPU Medan sebesar Rp32,87 miliar pada bulan Desember 2023.

“Jadi ada 2 termin pembayaran, sisanya kemarin 9 Juki 2024,” jelasnya.

Saat disinggung sudah digunakan untuk apa saja fana yang masuk ke KPU Medan, Mutia mengaku anggaran tersebut sudah digunakan untuk biaya pembentukan badan Ad Hoc, sosialisai tahapan Pilkada serta pelantikan.

“Estimasinya sekitar Rp3–5 miliar yang sudah kita gunakan, itu untuk semua tahapan yang ada ya. Tapi untuk angka pastinya nanti akan kita akumulasikan lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian sempat menyentil Pemko Medan lantaran tak kunjung mentransfer NPHD ke KPU Medan.

Mantan Kapolri itu menyampaikan hal tersebut dalam Rapat Kordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di wilayah Sumatera Utara yang diselenggarakan Kemenko Polhukam di Medan, Selasa (09/07/2024) kemarin.(Robert)

BERITA LAINNYA :  Merasa Dicurangi, Caleg PDIP Rumiris Siagian Bakal Lapor ke DKPP dan Mahkamah Partai