KuliTinta News

My WordPress Blog

UINSU Jadi Peringkat 9 Nasional, Pendaftar SPAN-PTKIN Terbanyak 2024

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) kini memasuki 10 (top ten) dengan peringkat ke-9 secara Nasional dalam pendaftar terbanyak jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Kementerian Agama RI 2024.

Dalam laporannya, melalui website resmi UINSU, Jumat (29/3/24). Sub Koordinator Humas dan Informasi UINSU, Yunni Salma menyampaikan bahwa hal ini dibuktikan berdasarkan rekapitulasi data peminat SPAN-PTKIN tertanggal 20 Maret 2023 lalu.

“Untuk jalur SPAN-PTKIN ini UINSU meraih pendaftar sebanyak 9.856 orang. Dengan spesifik pendaftar dengan pilihan pertama sebanyak 5.656 orang dan pilihan kedua sebanyak 4.200 orang. Dari jalur ini tersedia pilihan sebanyak 31 program studi jenjang strata satu (S-1),” ucapnya.

Diketahui, untuk daya tampung pada jalur ini hanya di ambil 1.734 calon mahasiswa baru, yang akan tersebar di 31 satu program studi tersebut.

“Maka dari jumlah pendaftar tersebut yang diambil hanya 17-18 persen saja,” bebernya.

Selain itu, Rektor UINSU Medan, Prof Dr Nurhayati menyampaikan, jalur SPAN PTKIN ini berada di bawah naungan Kemenag

“Jadi ini merupakan satu dari lima jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) di UINSU Medan. Empat jalur lainnya ialah Ujian Masuk (UM) PTKIN, kemudian ada juga SNBP dan SNBT yang dinaungi Kemendikbudristek RI dan kelima yaitu jalur seleksi mandiri,” tutupnya.(Red*)

BERITA LAINNYA :  Fakultas Kedokteran Unimed Diperkirakan Buka April 2024