KuliTinta News

My WordPress Blog

Polda Sumut Musnhakan 150 Kg Sabu dan 117 Ribu Pil Ekstasi

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Polisi Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) memusnahkan 150 kg, 68,5 gram ganja, dan 117.263 pil ekstasi pada Rabu (05/06/2024).

Kapolda Sumut, Irjen Agung Setya Imam Effendi menyebutkan seluruh narkoba yang disita merupakan tangkapan sejak 21 April-23 Mei 2024 yang berhasil diamankan di wilayah Sumatera Utara.

“Jadi, kita menggunakan barang bukti tanggapan sejak tanggal 21 April sampai dengan 23 Mei kurang lebih selama satu bulan. Ini tangkapannya sebagaimana yang sudah kami rilis ada yang besar di Tanjung Balai 117 Kilogram Sabu dan 100.000 pil ekstasi,” kata Agung.

“Demikian juga kita sita 19 kg sabu di Kualanamu yang dibawa oleh kurir ada 3 perempuan yang di belakang sana,” sambungnya.

Dalam pemusnahan itu dihadirkan 12 tersangka yang turut ditangkap bersama narkotika. Seluruh tersangka ini kemudian nanti akan diserahkan ke pengadilan.

“Ini agar kita semuanya dalam pemberantasan narkoba benar-benar memenuhi standar bersama bersih, tuntas dan adil. Ada 12 tersangka. Ini sisa-sisa tersangka yang sudah dilimpahkan,” terangnya.

Lebih lanjut, Agung menyebutkan adanya mekanisme baru dalam penangan barang bukti narkotika yang berhasil diamankan. Kini kepolisian telah melakukan kerjasama antar direktorat. Agung menyebutkan jika hal ini dilakukan untuk menunjang saat barang bukti dihadirkan ke persindangan.

“Saat ini mekanisme penanganan barang bukti di Polda Sumatera Utara sudah disesuaikan dengan SOP yang berlaku yang kita susun baru antara Direktorat Narkoba, Direktorat Tahanan dan Barang Bukti serta inspektorat pengawas dan Bid Propam,” jelasnya.

“Dimaksud supaya semuanya dalam pengamanan barang bukti benar-benar sempurna Kita sudah menjalankan ini selama 2 bulan terakhir sehingga dapat memastikan barang bukti ada mekanisme yang ketat dan bisa dihadirkan di persidangan dan barang bukti tidak berubah wujud, bentuk dan beratnya,” pungkasnya.(Robert)

BERITA LAINNYA :  Bakti Paskah Kagama Sumut di House of Love, Dukungan Inspiratif Untuk ADHA