KuliTinta News

My WordPress Blog

Pentingnya Peran Proaktif dan Inovatif Humas Dalam Menyebarkan Informasi di Era Digital

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Humas Universitas Negeri Medan (Unimed) menegaskan pentingnya peran proaktif dan inovatif dalam menjalankan tugas kehumasan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Erond Litno Damanik, M.Si., dalam Workshop Peningkatan Kompetensi Kehumasan yang berlangsung di Miyanna Hotel, Kamis (27/06/2024).

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Erond Litno Damanik menekankan bahwa humas tidak boleh hanya menunggu informasi datang, tetapi harus aktif mencari informasi dan menyebarkannya kepada publik dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

“Humas harus proaktif dan inovatif dalam menjalankan tugasnya. Mereka harus mampu membangun hubungan yang baik dengan media massa sebagai mitra penting dalam menyebarkan informasi kepada publik,” ujar Prof. Erond.

Workshop yang mengangkat tema “Meningkatkan Kapasitas Pengelolaan Layanan Informasi Menuju Keterbukaan Informasi Publik” ini menghadirkan narasumber Waliyono, S.Sos., M.I.Kom. (CEO Kliksumut.com) dan Ferdy Siregar, M.I.Kom. (Ketua Asosiasi Profesi Fotografer Indonesia Sumut dan Pewarta Foto).

Acara ini dihadiri oleh Ketua Senat Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., para Dekan, Kepala Biro, Ketua Lembaga, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Syawal Gultom juga memberikan penguatan mengenai pentingnya tata kelola kehumasan yang baik di Unimed.

“Peran humas sangat penting dan strategis, tidak hanya untuk menyampaikan informasi kepada publik, tetapi juga untuk mengedukasi dan menjadi pusat literasi serta sumber belajar bagi sivitas akademika,” kata Prof. Syawal.

Kepala Humas Unimed, Dr. M. Surip, M.Si., dalam laporannya menyampaikan bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi humas Unimed dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Para peserta mendapatkan pelatihan tentang strategi publikasi institusi di era digital, penyusunan rilis dan berita aktual, serta pemahaman fotografi kehumasan di era digital,” jelas Dr. Surip.

BERITA LAINNYA :  Kecelakaan Study Tour Tewaskan 11 Siswa di Subang, Disdik Sumut Beri Imbauan ke Sekolah

Dengan adanya workshop ini, diharapkan humas Unimed dapat semakin aktif dan inovatif dalam menyebarkan informasi, membangun citra positif Unimed di mata publik, serta menjalin kerjasama yang baik dengan media massa dan pihak eksternal lainnya. Hal ini penting untuk mendukung kemajuan Unimed dalam era informasi yang semakin terbuka dan digital.(Red*)