KuliTinta News

My WordPress Blog

Pemenang Lomba Visi Terminal Ikan Paus Binjai: Tingkatkan Transportasi Berkelanjutan di Sumut

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Dalam upaya memperkuat infrastruktur transportasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara (Sumut) bersama Konsorsium York (SEI University of York, Pustral UGM, Clean Air Asia, dan UNEP) telah sukses menggelar Lomba Visi Terminal Binjai.

Acara pengumuman pemenang yang berlangsung di Kota Medan, baru-baru ini menjadi tonggak penting dalam merancang solusi transportasi berkelanjutan di wilayah Medan-Binjai-Deli Sedang (Mebidang), Sumut.

Lomba ini diikuti oleh 40 peserta yang menyajikan visi dan ide kreatif mereka untuk memperbaiki Terminal Binjai dan mewujudkan transportasi rendah karbon. Pemenang lomba yang terpilih dengan desain yang inovatif adalah Binjai Integrated Transport Hub (BIT HUB) dari mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Sumatera Utara (USU). Ide tersebut memenangkan juara pertama dengan skor penilaian tertinggi sebesar 84,55.

Kadishub Sumut Agustinus Panjaitan, menyampaikan apresiasi kepada semua peserta dan tim UK PACT yang telah berperan aktif dalam kegiatan lomba ini.

“Kami percaya desain yang diusulkan dari Pemenang I, II, dan III adalah yang terbaik dan mempunyai visi ke depan. Kami berharap Tim UK PACT dapat menerapkan inisiatif percontohan di area Terminal Binjai agar segera dapat dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kadishub Binjai, Chairin Fitri Simanjuntak dan perwakilan dari berbagai lembaga terkait turut hadir dalam acara tersebut. Dewan juri lomba yang terdiri dari berbagai ahli dan praktisi transportasi memberikan penilaian yang cermat terhadap setiap desain yang diikutsertakan.

Dengan adanya inisiatif seperti Lomba Visi Terminal Binjai, Sumut terus berkomitmen untuk mengembangkan infrastruktur transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta memberikan solusi untuk tantangan transportasi di wilayah tersebut. Diharapkan implementasi desain-desain inovatif dari lomba ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Sumatera Utara.

BERITA LAINNYA :  Legalitas Oknum Perangkat Desa Baho Disoal

Pada acara tersebut diumumkan pemenang sebagai berikut: Juara I dengan skor penilaian 84,55 adalah desain berjudul Binjai Integrated Transport Hub (BIT HUB). Ide tersebut digagas oleh para mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Sumatera Utara (USU) yang beranggotakan Amir Asyrafi, Habib Fardian Muhammad Siregar, Heru Sanjaya, Ichsanuddin, dan Muhammad Billi Kautsar Lubis.

Juara II dengan total nilai 82,45 dimenangkan oleh desain yang mengangkat judul The Tactical Binjai: Reimagining Terminal Binjai with EcoNeo Vernacular Concept. Pemenang juara kedua berasal dari Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan anggota Anugrah Ambia, Muhammad Farhan Adam, Salma Sari Juliani, dan Yohana Aprilianna

Juara III dimenangkan oleh desain dengan judul Being: Terminal Binjai yang mendapatkan nilai total 81,2. Juara ketiga tersebut dimenangkan oleh mahasiswa bernama Fernando Halim dari Jurusan Arsitektur Institut Modern Arsitektur dan Teknologi (IMAT) di Medan.(Rel*)