KuliTinta News

My WordPress Blog

Natal Oikumene 2024 di Sumatera Utara Naslindo Sirait: Perayaan Natal Wujudkan Semangat Persatuan dan Harapan

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Perayaan Natal Oikumene di Sumatera Utara tahun 2024 dijanjikan akan menjadi momen yang istimewa dengan dukungan penuh dari tiga lembaga aras Gereja.

Ketua Umum Panitia Natal Oikumene, Dr. Naslindo Sirait, SE, MM, menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan tersebut dan menyatakan kesiapan panitia untuk menjalankan amanat dengan baik.

Dalam sambutannya, ia menegaskan, Natal tahun 2024 akan digelar dengan format yang mampu mengakomodir semangat Oikumene, menghadirkan ibadah yang memberikan makna mendalam, serta menumbuhkan semangat, harapan, dan persatuan yang akan dikenang oleh generasi muda.

“Kita ingin anak-anak kita kelak selalu merindukan Natal. Tradisi Natal harus terus digaungkan sebagai sukacita dunia atas berita keselamatan yang Tuhan berikan bagi dunia yang terus mengalami kerusakan ini,” ujar Naslindo, Kamis (13/06/2024).

Ia menekankan, tugas ini berat dan memerlukan dukungan dari semua pihak, termasuk Gereja, Pemerintah, Legislatif, dan dunia swasta agar perayaan Natal ini dapat berjalan dengan sukses. Selain sebagai kegiatan keagamaan, Natal Oikumene juga diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendorong perekonomian lokal melalui Bazar UKM serta meningkatkan pariwisata di penghujung 2024.

Sumatera Utara, dengan jumlah pemeluk agama Kristen terbesar di Indonesia yang mencapai 4,09 juta jiwa, memiliki potensi besar tidak hanya sebagai pusat kekristenan tetapi juga dalam memberikan dampak positif bagi perekonomian dan pariwisata. Oleh karena itu, persatuan, toleransi, saling menghargai, dan kerjasama perlu terus dipupuk sebagai bagian dari semangat Oikumene.

Panitia Natal Oikumene Sumatera Utara 2024 telah resmi dilantik di Gereja GPIB Imanuel, Medan. Pelantikan tersebut berlangsung khidmat dan penuh sukacita, dihadiri oleh ratusan panitia dan partisipan dari berbagai unsur Gereja, Pemerintah, Ormas Kristen, Akademisi, Pengusaha, Tokoh-tokoh Kristen, dan Praktisi lainnya. Acara pelantikan dilakukan bersama tiga lembaga aras Gereja, yaitu Ketua Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah Sumatera Utara (PGI W Sumut) Pdt. Dr. Victor Tinambunan, M.St, Ketua Persekutuan Gereja Pentakosta Indonesia Sumut-Aceh (PGPI Sumut-Aceh) Pdt. Dr. Samuel Gozhali D, dan Ketua Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-lembaga Injil Indonesia Wilayah Sumatera Utara (PGLII Wil Sumut) Pdt. D. Edy Prajitno.

BERITA LAINNYA :  Puluhan Guru Honorer Unjuk Rasa Soal Dugaan Kecurangan PPPK Langkat

Perayaan Natal Oikumene Sumatera Utara dijadwalkan pada tanggal 20 Desember 2024, dengan target menghadirkan 10.000 masyarakat Kristen dari seluruh Sumatera Utara dan berbagai rangkaian acara. Beberapa rencana kegiatan dalam rangkaian Road to Natal Oikumene antara lain pendirian pohon Natal di beberapa titik, persembahan pujian di area publik (Christmas Carol), Bazar UMKM dan pasar murah (Christmas Market), kompetisi kesenian antar gereja (Christmas Festival), kegiatan sosial seperti bakti sosial, donor darah, dan pengobatan gratis (Christmas Charity), serta konferensi dan seminar kepemimpinan, pelatihan bisnis, dan talkshow (Christmas Forum).

Acara pelantikan diakhiri dengan ramah tamah dan jamuan makan siang, menandai dimulainya persiapan menuju perayaan Natal Oikumene yang penuh harapan dan semangat persatuan.(Robert)