KuliTinta News

My WordPress Blog

Gereja Katedral Medan Kembali Gelar Prosesi Tablo Jalan Salib

KULITINTANEWS.COM, MEDAN – Gereja Katedral Medan kembali menggelar prosesi Tablo Jalan Salib saat Jumat Agung setelah 4 tahun vakum karena pandemi. Prosesi tersebut dilangsungkan di halaman gereja di Jalan Pemuda, Kecamatan Medan Kota, Jum’at (29/03/2024).

Anggota Dewan Pastoral Paroki, Christofher Tarigan membenarkan prosesi Tablo Jalan Salib baru kembali digelar tahun ini lama vakum.

“Proses ini sempat tertahan 4 tahun, terakhir 2019, karena ada pandemi jadi vakum. Terus tahun ini kami terinspirasi untuk membuatnya kembali,” ujarnya.

Christofher mengatakan, prosesi Tablo sudah dipersiapkan jauh sebelum Jumat Agung dengan berbagai rangkaian latihan.

“Prosesi Tablo Jalan Salib hari ini diperankan oleh orang muda Katolik Paroki Gereja Katedral Medan, tentu dengan persiapan yang cukup matang. Selama 3 bulan dipersiapkan, latihan siang dan malam,” ungkapnya. Hari ini mereka membuktikan bahwa membawa kita semua hanyut dalam suasana jalan salib mengenang kisah sengsara wafatnya Yesus Kristus,” sebutnya.

Dirinya juga menjelaskan makna dari Tablo Jalan Salib. Prosesi tersebut merupakan momen mengenang perjalanan Yesus Kristus bersama para murid-muridnya.

“Prosesi Tablo ini sendiri dimulai dari kisah perjalanan Yesus dan para murid-muridnya mengadakan perjamuan malam terakhir, kemudian pengadilan pilatus, penjatuhan hukuman mati, proses jalan salib di 14 perhentian hingga sampai di bukit golgota,” pungkasnya.(Robert)

BERITA LAINNYA :  Optimalisasi Aset-Aset Potensial Menjadi Fokus Utama PTPN 1 Regional 1